Aum

Dekumen untuk umum, Om A no bhadraah kratavo yantu visvato ( Semoga pikiran baik datang dari segala penjuru) OM SWAHA

BUNU DIRI ADALAH KESALAHAN FATAL YANG SANGAT BERBAHAYA BAGI PERJALANAN ROH

ILUSTRASI IMAGE SOURCE

Melakukan bunuh diri adalah kesalahan fatal yang sangat berbahaya bagi perjalanan Atma. Bunuh diri merupakan avidya [kebodohan, ketidaktahuan] yang menjerumuskan pada kerugian yang teramat sangat besar. Karena bunuh diri merupakan cara kematian yang sangat buruk dan paling buruk. Tanpa melewati proses apapun, Atma seseorang akan langsung meluncur jatuh memasuki alam-alam bawah yang penuh kesengsaraan berat dan ekstrim.

Setelah mati bukannya dia akan terbebas dari beban-beban berat kehidupan, tapi dia justru akan mengalami kesedihan, kesengsaraan dan penderitaan yang jauh lebih berat, keras dan gelap dibandingkan dengan kesengsaraan apapun selama masa kehidupan manusia.

Analoginya seperti dari tidur di hotel sangat mewah [hidup sebagai manusia] kemudian langsung berubah menjadi tidur di tumpukan sampah busuk [menjadi mahluk alam bawah].

Selain itu, tidak ada seorangpun yang akan bisa menolong perjalanan Atmanya. Upacara ngaben, penyeberangan Atma, ritual, doa, dsb-nya, apapun tidak bisa menolong. 

Orang paling suci dan orang paling sakti pun juga tidak bisa menolong. Karena mati bunuh diri adalah termasuk salah satu kesalahan spiritual yang paling berat dan gelap.

Lebih dari itu, agar Atmanya bisa keluar dari alam-alam bawah dan terlahir kembali sebagai manusia, akan memerlukan waktu yang sangat panjang dan lama. Perlu waktu puluhan ribu tahun, bahkan ratusan ribu tahun, baru ada kemungkinan bisa terlahir kembali sebagai manusia.

Dalam siklus samsara, agar mendapat kesempatan terlahir sebagai manusia sangat sulit, langka dan tidak terjadi dengan mudah. Tubuh fisik manusia yang kita miliki sebagai wadah Atma dalam kehidupan kita disaat ini sangat sulit diperoleh. Kita perlu mengumpulkan akumulasi karma baik yang sangat banyak, dalam jangka waktu amat sangat panjang, agar kita dapat terlahir sebagai manusia.

Sehingga seberat apapun kehidupan ini terasa, jangan pernah sedikitpun terpikir untuk melakukan bunuh diri. Karena sangat berbahaya dan sangat luar biasa merugikan diri kita sendiri. Setelah mati kita justru akan mengalami kesedihan, kesengsaraan dan penderitaan yang jauh lebih berat, keras dan gelap dibandingkan dengan kesengsaraan apapun selama masa kehidupan manusia.

Kapan saja ketika diri kita dilanda kesedihan atau keputusasaan mendalam, jangan pernah sedikitpun berpikir untuk bunuh diri. Jalan keluar terbaik adalah segera mencari perlindungan dharma, seperti misalnya membaca ajaran suci dharma, pergi tirtayatra ke tempat-tempat suci, mencari Guru suci pembimbing, mencari saudara spiritual, dsb-nya. Serta bekali diri dengan keikhlasan yang sempurna.

CATATAN : Mohon berkarma baik postingan ini di-share di facebook masing-masing, agar semakin banyak dan luas yang bisa ditolong diselamatkan.

SUMBER: tattwahindudharma.blogspot.com / FACEBOOK RUMAH DHARMA
0 Komentar untuk "BUNU DIRI ADALAH KESALAHAN FATAL YANG SANGAT BERBAHAYA BAGI PERJALANAN ROH"

 
Copyright © 2014 Aum - All Rights Reserved
Template By Catatan Info