Aum

Dekumen untuk umum, Om A no bhadraah kratavo yantu visvato ( Semoga pikiran baik datang dari segala penjuru) OM SWAHA

Perbedaan Atman Dan Roh Dalam Agama Hindu

Atma dalam Hindu merupakan percikan kecil dari Brahman yang berada di dalam setiap makhluk hidup. Atman di dalam badan manusia disebut: Jiwatman atau jiwa atau roh yaitu yang menghidupkan manusia.

Perbedaan Atman Dan Roh Dalam Agama Hindu
Perbedaan Atman dan Jiwatman (Roh ) Image source hindualukta.blogspot.com


Kendati demikian kita, kita kadang tidak bisa membedakan apa itu Atman dan Roh? Hal ini kadang menjadi perdebatan manusia. Sebab banyak yang menganggab Atman sama dengan Roh. Pada hal di dalam Hindu, Roh dan Atman sangan berbedah.

Dalam Hindu kita mengenal adanya Panca Maha Butha yaitu lima elemen dasar yang membentuk alam semesta (bhuwana agung) dan badan manusia (bhuwana alit).

Bagian - bagian dari Panca Maha Bhuta yaitu :


  1. Pertiwi; unsur padat / tanah
  2. Apah; unsur cair /air
  3. Teja; unsur cahaya / api
  4. Bayu; unsur angin / udara
  5. Akasa; Ruang / eter

Jika dilihat dari sini kita bisa membedahkan bahwa Atman dan Roh sangat berbeda.

Perbedaan Atman dan Roh yakni sebagai berikut:

Atman yaitu percikan terkecil dari Tuhan dimana atman itu tidak terpengaruh dengan sifat keduniawian. Sehingga atman tidak terikat dengan adanya Panca Mahabhuta.

Contohnya misalnya disaat proses kehamilan seorang ibu maka anak yang akan dilahirkan mendapat percikan dari Tuhan yang disebut Atman. Sehingga si-anak tersebut menjadi hidup dan dilahirkan dalam keadaan polos.

Sedangkan

Roh yakni sudah terikat dengan Panca Mahabhuta (keduniawian) Contohnya misalnya orang yang meninggal kemudian kita melihat hantunya. Maka itu sebenarnya yang kita lihat adalah Roh yang masih terikat dengan sifat keduniawian sehingga si-Roh tersebut masih merasakan adanya ketergantungan terhadap duniawi sehingga masih gentayangan.

Maka dengan penjelasan diatas kita bisa memahami bahwa Atman dan roh itu sangan berbeda. Sebab Atman merupakan percikan Tuhan yang sudah tidak terikat, sehingga bisa berbentuk apa saja misalnya seperti cahaya dari sang Dewata sedangkan Roh masih mengalami bentuk seperti di darimana dia berasal (masih kadang berbentuk seperti di masih Hidup).

Dalam Bhagavadgita  juga dijelaskan bahwa atman tidak terlukai oleh senjatah apapun sebab atman itu abadi.

Atman bergabung dengan budi ( Kecerdasan) dan Manah (pikiran) membentuk Jiwatman atau Roh. Waktu kita mati meninggalkan badan fisik  (Stula Sarira) maka  sang Jiwatman atau roh tetap memakai badan lebih halus (sukma sarira), Sehingga Jiwatman inilah yang bisa mengalami dan merasakan segala derita dan bahagia tergantung dengan Karma semasa hidup.

sumber https://hindualukta.blogspot.com dan hasilgroup facebook 
1 Komentar untuk "Perbedaan Atman Dan Roh Dalam Agama Hindu"

Sedikit menambahkan : Dalam agama Hindu ada konsep Tri Sarira yang menggambarkan komposisi tubuh manusia yang terdiri atas :
1. Stula Sarira adalah lapisan terluar dari tubuh atau badan kasar (jasmani). disebut juga badan kasar badan fisik atau badan wadah, organ yang dapat dilihat dan disentuh.
2. Suksma Sarira adalah lapisan tubuh yang tidak dapat dilihat atau disentuh, seperti pikiran manusia. Pikiran terletak jauh di dalam tubuh yang disebut badan halus. adalah memori atau pengalaman yang dibuat oleh tubuh, pikiran, dilihat, dan dirasakan oleh manusia untuk hidup di dunia ini. Citta adalah salah satu elemen yang membentuk karakter atau sifat seseorang.
3. Antakarana Sarira adalah lapisan tubuh yang paling halus, yang disebut ‘Atman’, juga disebut badan penyebab. Atman menghidupi jiwa manusia. Atman membuat manusia bisa hidup, bergerak, dan memiliki rasa. Atman adalah lapisan tubuh yang paling kuat dalam tubuh manusia. Atman juga merupakan bentuk perilaku dan gerak pikiran manusia.

 
Copyright © 2014 Aum - All Rights Reserved
Template By Catatan Info