Aum

Dekumen untuk umum, Om A no bhadraah kratavo yantu visvato ( Semoga pikiran baik datang dari segala penjuru) OM SWAHA

Ngembak Geni Itu Apa Sih?

Setiap tradisi, setiap budaya selalu memiliki makna dan sejarahnya. Seperti sejarah tentang Ngembak Geni yang biasa dilakukan oleh umat Hindu di Bali pada khususnya. Ngembak Geni, dalam bahasa Bali memiliki pengertian yaitu Ngembak artinya bebas dan Geni artinya api. Jadi pengertian Ngembak Geni adalah bebas menyalakan api (dalam pengertian luas terbebas dan dapat kembali beraktifitas).

Tradisi omed omedan pada hari Ngebak Geni di Desa Sesetan
baliplus.com

baca juga:

Ngembak Geni merupakan serangkaian tradisi setelah Nyepi. Yang mana sebelum Hari Raya Nyepi dilakukan Melasti, Pengerupukan (ngarak ogoh-ogoh) dan setelah Nyepi yaitu Ngembak Geni. Pada saat ngembak geni biasanya umat Hindu di Bali melakukan persembahyangan memanjat syukur dan memohon agan Tuhan senantiasa selalu memberikan perlindungan-Nya. Selain itu saat Ngembak Geni juga dilakukan Dharma Shanti (bersilaturahmi dan saling memaafkan), baik di lingkungan teman, keluarga maupun masyarakat.

Pada saat Ngembak Geni juga ada sebuah tradisi unik dari Desa Sesetan yaitu tradisi omed-omedan yang merupakan salah satu wujud dari Dharma Shanti (menjalin silaturahmi).
(inputbali.com)


0 Komentar untuk "Ngembak Geni Itu Apa Sih?"

 
Copyright © 2014 Aum - All Rights Reserved
Template By Catatan Info