Aum

Dekumen untuk umum, Om A no bhadraah kratavo yantu visvato ( Semoga pikiran baik datang dari segala penjuru) OM SWAHA

Fakta Unik Di Balik Arti Nama Orang Bali

ARTI NAMA ORANG BALI IMAGE SOURCE

Kalau pergi ke Bali, Anda akan mendapati kalau sebagian besar nama orang Bali memiliki embel-embel, Wayan, Made, Nyoman, atau Ketut. Pemakaian nama tersebut pun tidak terbatas pada laki-laki, tapi juga untuk wanita.

CATUR WARNA

Dalam tradisi kerajaan Hindu di Bali ada istilah kasta yang di sebut dengan warna asal kata warna berasal dari bahasa sansekerta " vrn " yang artinya adalah memilih ( sebuah kelompok ) di dalam kerajaan Hindu di Bali status seseorang dapat di bedakan berdasarkan jenis pekerjaan dalam konsep dasar kerajaan Hindu di Bali, kasta tertinggi di Bali adalah dalem atau raja, kemudian di lanjutkan dengan brahmana atau pendeta atau disebut juga dengan rohaniwan,  lalu di susul dengan ksatria atau prajurit lalu yang terakhir adalah sudra yang di sebut dengan istilah budak dalam bahasa kita, semua ini adalah beberapa golongan atau kelompok kasta yang ada di Bali, namun demikian selain itu juga masih ada beberapa golongan yang masuk didalamnya berdasarkan jenis keahlianya seperti seseorang yang memiliki keahlian di bidang persenjataan disebut dengan nama pande, dan juga jika seseorang yang memiliki keahlian di bidang perdagangan, pertanian, nelayan dan atau perniagaan maka mereka miliki gelar waisya.

Di dalam kehidupan sehari-hari di Bali kita sering mendengar atau temukan nama-nama seperti I Wayan, I Made , I Nyoman, dan I Ketut, ini merupakan salah satu contoh dari golongan sudra atau budak pada jaman kerajaan dahulu kala. Yang mana sudra adalah seseorang yang tidak memiliki profesi samasekali selain sebagai budak atau pelayanan di sebuah kerajaan, atau hanya masyarakat biasa. beda halnya dengan waisya, pande atau brahmana dan Dalem. Mereka memiliki peranan penting di dalam sebuah kerajaan.

° Dalem/ raja.

Dalem atau raja, adalah seseorang yang berperan sebagai penguasa kerajaan atau wilayah tertentu, pada jaman dahulu kala  Bali di belah menjadi beberapa kerajaan, salah satunya adalah kerajaan Klungkung, kerajaan Mengwi, kerajaan Buleleng dan kerajaan Bangli, kerajaan sukawati dan kerajaan karangasem. Raja di Bali di beri nama anak agung atau Tjokorda.

° Brahmana
Brahmana adalah seseorang yang ahli dalam kerohanian yang di beri nama depannya Ida Bagus untuk yang laki-laki dan Ida ayu untuk yang perempuan, namun apabila salah satu dari kaum brahmana di beri upacara madiksa maka akan berubah status menjadi seorang pendeta atau Ida pedanda, yang mana seorang pendeta adalah seseorang yang paling di sucikan di Bali.

° ksatria
Ksatria adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang peperangan atau Patih pada jaman kerajaan dahulu kala, dan seseorang kaum ksatria di tandai dengan nama I Gusti Ngurah di depannya.

° sudra

Sudra adalah seorang yang memiliki kasta paling rendah/ Jaba di sebuah kerajaan, karena dianggap tidak memiliki keahlian selain sebagai pelayan, namun kaum sudra ini juga sangat penting di dalam sebuah kerajaan, nama-nama seorang kaum sudra/ jaba di tandai dengan nama I wayan, I Made,I Nyoman, I ketut untuk yang laki-laki dan untuk yang perempuan di bedakan dengan Ni Wayan, Ni Made, Ni Nyoman, dan ni Ketut. Semua nama ini memiliki arti yang unik dan menarik salah satu contohnya adalah


  1. Wayan, adalah berasal dari kata "wayahan" yang artinya lebih tua dari keempat bersaudara,
  2. Made adalah berasal dari kata madya atau di ditengah-tengah diantara Wayan dan nyoman.
  3. Nyoman, adalah berasal dari kata "uman" yang artinya dalam bahasa Bali adalah sisa, berarti Nyoman adalah sisa dari i Wayan dan i made,
  4. Ketut, yang berasal dari kata "kitut" artinya adalah ekor sesuai dengan posisinya yang terakhir dari empat bersaudara.


° pande

Pande adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang persenjataan, di dalam sebuah kerajaan di Bali pada jaman dahulu kala, persenjataan seperti panah, tombak dan pedang serta keris sangat penting untuk menjaga wilayah kerajaan di Bali pada jaman itu, dan orang yang memiliki keahlian membuat senjata di beri nama depan pande.

° Waisya

Waisya adalah seorang yang memiliki keahlian di bidang perdagangan, pertanian dan nelayan, namun demikian nama waisya ini saat ini tidak di pakai di untuk nama depanya, saat ini, walaupun mereka yang memiliki keahlian di bidang perdagangan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang nama orang Bali semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi tentang orang Bali Trima kasih.

SUMBER: https://www.kintamani.id
https://www.iwayanwijanegara.com
0 Komentar untuk "Fakta Unik Di Balik Arti Nama Orang Bali"

 
Copyright © 2014 Aum - All Rights Reserved
Template By Catatan Info