Aum

Dekumen untuk umum, Om A no bhadraah kratavo yantu visvato ( Semoga pikiran baik datang dari segala penjuru) OM SWAHA

Kata Kata Bijak Acarya Cānakya

Acarya Cānakya adalah seorang penasehat maharaja Maurya pertama, Chandragupta dan kepala arsitek pada masa kebangkitannya. Kautilya dan Vishnugupta, nama yang dikenali sebagai Canakya, penulis Arthaśāstra. Wikipedia

Seseorang bertanya kepada Acharya Chanakya dan beliau menjawab berbagai pertanyaan itu sebagai berikut;

Kata Kata Bijak Acarya Cānakya
Kata Kata Bijak Acarya Cānakya

Apa itu racun? Segala sesuatu yang melebihi kebutuhan kita adalah racun. Baik itu kekuasaan, kekayaan, rasa lapar, ego, lobha, rasa malas, cinta, ambisi, kebencian atau apa pun yang berlebihan adalah racun.

Apa itu ketakutan? Sikap tidak menerima akan ketidakpastian. Andaikan kita bisa menerima ketidakpastian itu, maka itu akan menjadi suatu Petualangan.

Apa itu iri hati? Sikap tidak menerima kebaikan-kebaikan atau kelebihan yang ada pada diri orang lain. Jika kita menerima atau mengakui kebaikan atau kelebihan orang lain itu, maka itu menjadi Inspirasi!

Apa itu Marah? Sikap tidak menerima segala sesuatu yang berada di luar kendali kita. Jika kita menerima hal atau kejadian itu, itulah toleransi!

Apa itu kebencian? Tidak menerima seseorang sebagaimana adanya dia. Jika kita menerima seseorang apa adanya, tanpa syarat, maka itulah Cinta!

Segala hal di atas adalah masalah penerimaan dalam hati kita. Menolak menimbulkan ketegangan. Menerima menjauhkan ketegangan dan membawa kedamaian.


‪#‎sayacintahindu‬ 💟
2 Komentar untuk "Kata Kata Bijak Acarya Cānakya"

 
Copyright © 2014 Aum - All Rights Reserved
Template By Catatan Info