Aum

Dekumen untuk umum, Om A no bhadraah kratavo yantu visvato ( Semoga pikiran baik datang dari segala penjuru) OM SWAHA

Khasiat Gayatri Mantra

Mantra Gayatri adalah mantra dari Veda yang sangat dihormati. Seperti semua mantra Weda, Gayatri mantra dianggap tidak memiliki seorang penulis, dan seperti semua mantra Veda lainnya, diyakini telah mengungkapkan ke brahmarshi, dalam hal ini Wiswamitra. Ini adalah ayat dari Sukta dari Rgveda (Mandala 3 .62.10). Gayatri adalah nama dari meteran Veda di mana ayat ini terdiri. Sebagaimana ayat dapat diartikan untuk memohon Savitr, juga disebut mantra Savitri. pembacaan Its secara tradisional didahului oleh om dan rumus Bhur bhuvah svaḥ, dikenal sebagai mahāvyāhṛti "besar (mistis) ucapan".

Khasiat Gayatri Mantra
Khasiat Gayatri Mantra

Japa Gayatri mantra didahului oleh OM dan Bhur bhuvah svaḥ (भूर् भुवः स्वः), yang dikenal sebagai mahāvyāhṛti ("besar (mistis) ucapan"). Ini awalan dari mantra yang tepat digambarkan dalam Taittiriya Aranyaka (2.11.1-8), yang menyatakan bahwa pembacaan kitab suci selalu untuk memulai dengan nyanyian suku kata om, diikuti oleh tiga Vyahrtis dan Bait Gayatri.

Berikut mahāvyāhṛti adalah maka mantra yang tepat, ayat RV 3 .62.10:


Dalam Devanagari

तत्सवितुर्वरेण्यं
भर्गो देवस्य धीमहि.
धियो यो नः प्रचोदयात्.

Om Bhur bhuvah svaḥTát savitúr Varen (i) Yambhárgo Devasya dhīmahidhíyo yo nah prachodáyāt

Terjemahan Modern

Sebuah terjemahan dari Gayatri oleh Ralph TH Griffith adalah sebagai berikut:

Semoga kita mencapai kemuliaan yang sangat baik dari Dewa Surya: Semoga Brahman Memberkati doa-doa kita.

Arti Gayatri Mantra Dari Berbagai Ilmuwan Hindu

A translation of the Gayatri verse by Ralph T. H. Griffith is as follows:
May we attain that excellent glory of Surya the god:
So may he stimulate our prayers.
 
A translation of the Gayatri verse by Sivanath Sastri (Brahmo Samaj):


"We meditate on the worshipable power and glory of Him who has created the earth, the nether world and the heavens (i.e. the universe), and who directs our understanding.
A translation of the Gayatri verse by Swami Vivekananda:


"We meditate on the glory of that Being who has produced this universe; may He enlighten our minds."
A translation of the Gayatri verse by Sir William Jones:
"Let us adore the supremacy of that divine sun, the god-head who illuminates all, who recreates all, from whom all proceed, to whom all must return, whom we invoke to direct our understandings aright in our progress toward his holy seat." 
sengaja mantra diatas tidak saya artikan dalam bahasa indonesia, karena artinya tergantung dengan keyakinan yang kita percayai tentang kekuatan Gayatri Mantra tersebut.

Penggunaan Gayatri Mantra

Kegunaan utama

Menyampaikan Gayatri mantra untuk pemuda Hindu merupakan bagian penting dari tradisional upanayana upacara, yang menandai awal dari studi Weda. Sarvepalli Radhakrishnan menggambarkan ini sebagai esensi dari upacara, yang kadang-kadang disebut "Gayatri diksha" , yaitu inisiasi ke Gayatri mantra. Namun, secara tradisional, yang RV.3.62.10 stanza yang disampaikan hanya untuk anak laki-laki Brahmana. Ayat-ayat Gayatri lain digunakan dalam upacara upanayana untuk non-Brahmana: RV.1.35.2, di tristubh meter, untuk ksatriya dan baik RV.1.35.9 atau RV.4.40.5 di meteran jagati untuk Waisya.

Kegunaan lainnya:

Selain digunakan Sandhyavandanam, Gayatri japa digunakan sebagai metode prāyaścitta, instrumen Tantra praktek, dll

Hal ini diyakini oleh praktisi yang membaca mantra akan dilimpahkan kebijaksanaan dan pencerahan, melalui kendaraan Matahari (Savitr), yang merupakan sumber dan inspirasi dari alam semesta.

Selain untuk kebijaksanaan dan pencerahan Gayatri Mantra juga bisa di ulang ulang untuk memperoleh kesuksesan dalam pekerjaan dan memperoleh kekayaan.


sumber : wikipedia



0 Komentar untuk "Khasiat Gayatri Mantra"

 
Copyright © 2014 Aum - All Rights Reserved
Template By Catatan Info